Menyang kontèn

Banjaran, Bandung

Sekang Wikipedia, Ensiklopedia Bebas sing nganggo Basa Banyumasan: dhialek Banyumas, Purbalingga, Tegal lan Purwokerto.
Banjaran
—  Kecamatan  —
Negara  Indonesia
Propinsi Jawa Barat
Kabupaten Bandung
Pemerentahan
 - Jeneng Camat -
Wewengkon - km²
42,92 kilomèter pesagi -
128.691 (2017) Edit this on Wikidata - jiwa/km²
Desa/kelurahan -

Banjaran kuwe salah siji kecamatan nang Kabupaten Bandung, provinsi adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Banjaranterletak 19 km di selatan Kota Bandung atau sekitar 8 km di sebelah timur Soreang, ibukota Kabupaten Bandung.

Banjaran berada di tengah-tengah lintasan jalur antara Kota Bandung dengan Pangalengan dan penghubung Soreang sebagai ibu kota kabupaten dengan kota-kota kecamatan di Kabupaten Bandungbagian timur sehingga arus lalu lintas di sini sering kali sangat padat. Banjaran merupakan salah satu kecamatan padat penduduk dan cukup ramai dilihat dari segi fasilitas perekonomian berkat posisinya yang strategis dan berkembangnya industri tekstil di sekitar Banjaran sejak tahun 1970 an.

Geografi[sunting | besut sumber]

Banjaran terletak di pojok selatan Cekungan Bandung. Banjaran dilintasi oleh jalur kereta api Bandung - Ciwidey yang sekarang sudah tidak aktif lagi.

Topografi[sunting | besut sumber]

Banjaran terletak di Cekungan Bandung bagian selatan. Di sebelah utaranya dataran rendah dan pesawahan yang cukup luas sementara di selatan dan timur relatif menanjak karena berada tepat di kaki gunung Malabar.

Sungai Cisangkuy mengalir di sebelah barat kecamatan ini dan selalu meluap ketika musim hujan tiba sehingga sering kali mengganggu arus lalu lintas jalan raya Soreang - Banjaran di desa Kamasan. Setelah dibangun Sodetan sungai Cisangkuy kini kawasan ini relatif aman dari banjir. Kawasan wisata Gunung Puntang terletak di kecamatan in


Cithakan:Banjaran, Bandung