Wikipedia:Nggolet

Sekang Wikipedia, Ensiklopedia Bebas sing nganggo Basa Banyumasan: dhialek Banyumas, Purbalingga, Tegal lan Purwokerto.


sfxbvcvbjjhxgjgt

WP:GOLET
Kotak pencarian

Kanggo Nggolet nang Wikipedia:

  • Bakal tetep disediakna Kotak Penggoletan cilik nan sisi nduwur tengen kaca nganggo tenger tulisan Golet, sing dibarengi simbol lup (kekeran suryakanta). Cukup ngetik tembung-tembung sing kepengin sampeyan golet nang njero kotak Golet terus pencet tombol Enter nang papan ngetik sampeyan, utawane, klik simbol suryakanta mau.

Tips sing paling penting, aja mung nglebokna Mungan sak tembung bae. Coba lewih ndisit nggolet orasah nganggo tanda caping. nek hasile sing diwehna kurang cukup apik, ditambahna bae seakehe tembung sing mungkin nang njaba tanda caping utawane tambahna saperangan tembung liya nggo nyempitke penggoletan.

saperangan sekang kaca kiye wis disalin nang meta:Help:Searching dan diadaptasi nang MediaWiki secara umum. Nek sampeyan pengin nyunting kalimat sing ana, dibandingna ndisit rong kaca kuwe, ben suntingan sing digawe dadi suntingan sing paling apik

Mesin pencari luar[besut sumber]

Berbagai macam mesin pencari disediakan oleh domain-pencari, yang mengijinkan anda mencari Wikipedia secara spesifik. Pencarian berdasar pada teks yang ditampilkan oleh browser, sehingga markup wiki menjadi tidak relevan. Berdasarkan pada browser yang anda gunakan, anda dapat juga menggunakan tools yang mengijinkan anda mencari Wikipedia menggunakan bookmarklet.

Secara umum, mesin pencari luar memberikan hasil yang lebih cepat daripada sistem pencarian Wikipedia sendiri. Bagaimanapun juga, dikarenakan penyimpanan mesin pencari berdasar pada saat halaman situs tersebut terindeks, hasil pencarian dimungkinkan tidak akan menghasilkan halaman yang baru dibuat. Sama halnya juga dengan versi pada penyimpanan mesin pencari tidak "sebaru" seperti pranala internal pada Wikipedia itu sendiri. Dan juga, pada saat mendapatkan artikel Wikipedia menggunakan pencarian biasa, mirrors and forks sekang isi Wikipedia seringkali pada peringkat tinggi daripada artikel Wikipedia aktual dikarenanan teknik optimasi mesin pencari.

Permasalahan ini kemungkinan dapat berkurang jika menggunakan mesin pencari yang memproses Wikipedia secara berbeda:

  • Yahoo! menyertakan Wikipedia sebagai bagian dari isi program akuisisi dan memiliki datafeed secara regular.
  • Clusty mengambil dan memproses database secara regular, membuat abstraksi, gambar kecil, dan informasi dari Pengalihan, disambiguasi, dan Kategori secara otomatis.

Google[besut sumber]

Dengan mengikuti link di bawah ini, anda dapat menggunakan mesin pencari Google untuk mencari Wikipedia - dengan menggunakan semua bahasa, atau dengan bahasa inggris saja. Google akan mengindex nama pencariannya.

Jika anda sering menggunakan Google sebagai alat untuk mencari, pertimbangkanlah untuk menginstall Google Toolbar. Menggunakan tombol "search this site" akan mengijinkan anda untuk mencari Wikipedia dalam bahasa Inggris. Alat tambahan Google yang sah adalah hanya untuk Windows dengan Internet Explorer, tetapi ada juga unofficial version for Mozilla yang termasuk open source dan juga berkerja untuk semua operating systems yang dimana memakai Mozilla, seperti Windows, Linux dan Mac OS X.

Yahoo![besut sumber]

Dengan mengikuti link dibawah ini, anda bisa menggunakan mesin pencari Yahoo! untuk mencari Wikipedia - dalam semua bahasa atau Bahasa Inggris saja.

Kalau anda sering mencari lewat Yahoo!, anda bisa mencoba menginstal Yahoo! Companion Toolbar. Dengan menggunakan tombol "Search Only the Current Site" anda dapat dengan cepat mencari Wikipedia versi bahasa Inggris. Yahoo! Companion Toolbar yang resmi hanya dapat digunakan dengan Windows dengan Internet Explorer dan Mozilla.

Clusty[besut sumber]

Dengan mengikuti link dibawah ini, anda bisa menggunakan mesin pencari Clusty untuk mencari Wikipedia - dalam semua bahasa atau Bahasa Inggris saja.

Kalau anda sering mencari lewat Clusty, anda bisa mencoba menginstal Clusty Toolbar (beta). Dengan menggunakan sumber pencari "Encyclopedia" anda dapat dengan cepat mencari Wikipedia versi bahasa Inggris. Clusty Toolbar tersedia untuk Windows dengan Internet Explorer dan Mozilla Firefox (beta).

Fasilitas pencarian dalam Wikipedia[besut sumber]

Fitur pencarian dalam Wikipedia terdapat di kotak yang ada di setiap halaman tidak bisa diakses selama jam sibuk atau saat aktivitas server sedang tinggi (yang bisa berlangsung selama beberapa hari). Berikut adalah sedikit petunjuk untuk menggunakan fasilitas pencarian dengan lebih efektif (lihat juga Wikipedia:Panduan preferensi pengguna, bagian "Seting hasil pencarian", dan Wikipedia:Tombol tuju).

Membatasi hasil[besut sumber]

Mode pencarian standar Wikipedia hanya memberikan kata manapun yang pertama kali ditemukan dari kata-kata kunci pencarian anda. Misalnya, search engine akan memberikan artikel dengan kata "search" tapi mungkin sekali tidak berisi kata "engine" atau sebaliknya artikel dengan kata "engine" tapi tidak mengandung kata "search". Berlawanan dengan keinginan anda untuk mencari artikel yang mengandung kedua kata tersebut sekaligus.

Untuk membatasi pencarian artikel agar memasukkan semua kata, tambahkan tanda "+" di setiap awal kata, misalnya: +search +engine akan menghasilkan pencarian artikel yang mengandung kata engine dan search sekaligus seperti pencarian dalam google.

Anda juga bisa memanfaatkan mode pencarian frase dengan menaruh tanda petik mengapit kata yang diinginkan, misalnya: "search engine" akan memberikan hasil pencarian lebih sedikit, sebab artikel yang ditemukan harus mengandung kedua kata tersebut secara berdampingan.

Untuk memblok suatu kata dari pencarian, gunakan tanda "-" di depan kata, misalnya: search -engine

Hindari kata umum dan singkat[besut sumber]

Kata-kata hubung yang sudah umum dan tidak terlalu berarti seperti as "the", "one", "your", "more", "right", "while", "when", "who", "which", "such", "every", "about" (dalam bahasa Inggris) akan diabaikan oleh sistem pencarian wikipedia. Jika anda menggunakan kata-kata ini dalam pencarian frase atau pencarian kata-kata tertentu, hal ini bisa menyebabkan mesin pencari memberikan daftar kosong. Nomor-nomor dan kata-kata pendek dan umum yang muncul di lebih dari sebagian artikel juga bisa diabaikan oleh mesin pencari. Jika hal ini terjadi, buang kata-kata yang mungkin terlalu umum atau singkat dari kata kunci pencarian anda.

Silakan lihat artikelWikipedia:Common words, searching for which is not possible untuk melihat kata apa yang dianggap terlalu umum dan singkat. Dari sana anda akan bisa menemukan cara mencari artikel-artikel dengan kata yang umum dan singkat.

Pencarian dengan kombinasi dari kata-kata tersebut yang digabungkan dengan kata "not akan menghasilkan pesan database query syntax error. Hal ini terjadi sebagai bug yang masih ada di dalam software.

Pencarian hanya akan sensitif terhadap huruf kapital di huruf pertama pada setiap kata awal dari kata kunci[besut sumber]

Pencarian kata "fortran", "Fortran" and "FORTRAN" akan menghasilkan daftar yang sama. Jika suatu pencarian yang telah berisi banyak kata memiliki kombinasi banyak kata dalam huruf kapital yang bervariasi di setiap kata selain di huruf pertama, maka pencarian akan mengabaikan huruf kapital. Misalnya artikel French and Indian Wars. Pencarian 'french and indian wars' tidak akan menghasilkan artikel yang sudah disebutkan.

Tetapi pencarian 'french and Indian Wars'. (perhatikan huruf kapital di Indian dan Wars) akan memunculkan artikel yang dimaksud di atas.

Artikel [[Wikipedia:Pengalihan|Pengalihan] bisa digunakan untuk memecahkan masalah ini. Misalnya masalah kapitalisasi huruf di 'Isle of Wight' bisa digunakan untuk mencari Isle of wight yang akan merujuk ke Isle of Wight.

Teknik Wildcards[besut sumber]

Anda bisa menggunakan teknik pencarian wildcard jika benar-benar memerlukannya. silahkan lihat "fulltext search" di http://www.mysql.com/ dan lihat bagian 'boolean search' untuk detail berikutnya. Bagaimanapun, teknik pencarian wildcard memerlukan waktu yang sangat lama.

Kata-kata dengan huruf-huruf spesial[besut sumber]

Ketika mencari artikel yang memuat kata-kata yang memiliki diaresis, seperti Sint Odiliënberg, hasilnya akan tergantung apakah huruf ë disimpan sebagai satu karakter atau sebagai "ë". Jika huruf ë disimpan dalam satu karakter, pencarian dapat dilakukan dengan langsung mencari Odilienberg (atau Odiliënberg); tetapi jika huruf ë disimpan sebagai "ë", artikel tersebut hanya akan dapat dicari dengan mencari kata Odili, euml dan/atau nberg. Masalah ini adalah masalah yang diketahui, dan akan diusahakan untuk diperbaiki -- kata pengganti (seperti "ë") seharusnya diubah menjadi huruf satu karakternya, sehingga semua pencarian akan menjadi seragam. Lihat pula Wikipedia:Special characters.

Kata-kata dengan tanda kutip tunggal ('...')[besut sumber]

Jika sebuah kata muncul dalam artikel dengan tanda kutip tunggal, anda hanya dapat mencari artikel tersebut jika kata pencarian anda juga menggunakan tanda kutip tunggal. Karena hal ini cukup jarang terjadi, lebih baik menggunakan kutip ganda ("...") di dalam sebuah artikel, karena penggunaan kutip ganda tidak menyebabkan masalah ini. Untuk informasi lebih lanjut lihat manual of style.

Tanda afostrofi memiliki perilaku yang sama, karena itu kata Mu'ammar hanya dapat dicari dengan menggunakan kata cari itu saja (dan tidak tanpa tanda afostrofi). Kata dengan menggunakan afostrofi s (seperti yang lazim digunakan dalam bahasa Inggris) adalah sebuah perkecualian, dimana artikel yang mengandung kata tersebut juga dapat dicari tanpa menggunakan afostropi dan s tersebut.