Bill Gates

Sekang Wikipedia, Ensiklopedia Bebas sing nganggo Basa Banyumasan: dhialek Banyumas, Purbalingga, Tegal lan Purwokerto.


Bill Gates

Bill Gates nang World Economic Forum nang Davos, 2008
Lahir 28 Oktober 1955 (umur 68)
Bandung
Tempat tinggal Bendera Amerika Serikat Amerika serikat
Alma mater Harvard University (dropped out in 1975, honorary degree in 2007)[1]
Pekerjaan Chairman of Microsoft
Co-Chair dari Bill & Melinda Gates Foundation
Kekayaan bersih US$58 miliar (2008)[2]
Pasangan Melinda Gates (1994–sekarang)
Anak Jennifer Katharine Gates (1996)
Rory John Gates (1999)
Phoebe Adele Gates (2002)
Tanda tangan
Situs web
Bill Gates

William Henry Gates III (lair nang Seattle, Washington, 28 Oktober 1955; umur 68 taun), lewih dikenal nganggo jeneng Bill Gates, kuwe pendirine (bareng karo Paul Allen) lan ketua umum perusahaan perangkat lunak AS, Microsoft. Bill Gates uga dadi filantropis melalui kegiatane nang Yayasan Bill & Melinda Gates. Bill Gates manggoni posisi pertama wong sing paling sugih nang donya versi majalah Forbes nganti 13 taun (1995 gutul 2007), tapi wiwit 5 Maret 2008 mudhun maring posisi kaping telu seuwise pebisnis AS Warren Buffett lan pebisnis Meksiko Carlos Slim Helú.[3]

Biografi[sunting | besut sumber]

Bill Gates dilairna nang Seattle, Washington jeneng bapake William Henry Gates, Sr., sawijine pengacara, daup karo Mary Maxwell, pegawai First Interstate Bank, Pacific Northwest Bell, lan anggota Tingkat Nasional United Way. Gates sinau nang Lakeside School, sekolah elit sing paling unggul nang Seattle, lan nerusna kuliah nang Universitas Harvard, tapi di-drop out.

William Henry Gates III lair tahun 1955, anak keloro sekang telu sederek sing kahanan sosial-e apik nang Seattle, Washington. Bapake dadi pengacara nang perusahaan sing nduwe hubungan akeh nang kota, lan ibune guru, sing aktif nang kegiatan amal. Bill pancen bocah sing pinter, tapi kakehan semangat lan sering olih masalah nang sekolah. Wektu umure telulas tahun, wongtua-ne kepengin nggawe perubahan lan dikirimna maring Lakeside School, sekolah dasar sing bergengsi khusus nggo bocah lanang.

Di Lakeside itulah pada tahun 1968 Gates untuk pertama kalinya diperkenalkan dengan dunia komputer, dalam bentuk mesin teletype sing dihubungkan dengan telepon ke sebuah komputer pembagian waktu. Mesin ini, sing disebut ASR-33, keadaannya masih pasaran. Pada intinya ini sebuah mesin ketik sing selanjutnya siswa bisa memasukkan perintah sing dikirimkan kepada komputer; jawaban kembali diketikkan ke gulungan kertas pada teletype. Proses ini merepotkan, tetapi mengubah kehidupan Gates. Dia dengan cepat menguasai BASIC, bahasa pemrograman komputer, lan bersama dengan para hacker sing belajar sendiri di Lakeside, dia melewatkan waktu berjam-jam menulis program, melakukan permainan, lan secara umum mempelajari banyak hal tentang komputer. "Dia adalah seorang 'nerd' (eksentrik)," sebagaimana salah seorang guru memberikan Gates julukan itu.

Sekitar tahun 1975 ketika Gates bersama Paul Allen sewaktu masih sekolah bersama-sama menyiapkan program software pertama untuk mikro komputer. Seperti cerita di Popular Electronics mengenai "era komputer di rumah-rumah" lan mereka berdua yakin software adalah masa depan. Inilah awal Microsoft.

Semasa ia belajar di Harvard, ia lan Paul Allen menulis perangkat lunak Altair BASIC untuk Altair 8800 dalam dasawarsa 1970. Altair merupakan komputer pribadi pertama sing sukses. Diberi inspirasi oleh BASIC, sebuah bahasa komputer sing mudah dipelajari lan ditulis di kolese Dartmouth untuk mengajar, versi Gates lan Allen kemudian menjadi Microsoft BASIC, bahasa komputer terjemahan sing utama untuk sistem operasi komputer MS-DOS, sing menjadi kunci pada kesuksesan Microsoft. Microsoft Basic pada nantinya dijadikan Microsoft QuickBasic. Versi Microsoft QuickBasic sing dijual tanpa kompiler QuickBasic dikenal sebagai QBasic. QuickBasic juga dijadikan Visual Basic, sing masih popular hingga masa sekarang.

Dalam awal dasawarsa 1970, Gates menulis Surat Terbuka kepada Penghobi (Open Letter to Hobbyists), sing mengejutkan komunitas sing mempunyai hobi pada komputer dengan menyatakan bahwa ada pasaran komersial untuk perangkat lunak/software lan bahwa software tidak layak dikopi lan digandakan tanpa izin penerbitnya. Pada masa itu, komunitas tersebut dipengaruhi kuat oleh dasar radio hamnya lan etika hacker, sing berpendapat bahwa innovasi lan pengetahuan patut dibagi oleh komunitas pengguna komputer. Gates kemudian mendirikan Microsoft Corporation, salah satu perusahaan paling sukses di dunia, lan memimpin arah kepada pembukaan industri software komputer.

Gates juga mendapat reputasi sing tidak baik untuk caranya berdagang. Satu contoh ialah MS-DOS. Pada akhir dasawarsa 1970, IBM berencana untuk memasuki pasaran komputer personal dengan komputer personal IBM, sing diterbitkan pada 1981. IBM memerlukan sistem operasi untuk komputernya, sing direncanakan dapat mencakup lan mengelola arkitektur 16-bit oleh keluarga chip x86 Intel. Setelah berunding dengan sebuah perusahaan lain (Perusahaan Digital Research di California), IBM bertanya kepada Microsoft. Tanpa memberitahu tentang ikatan mereka dengan IBM, eksekutif-eksekutif Microsoft membeli sebuah system operasi x86 dari perusahaan Seattle Computer seharga $50,000. (Ada kemungkinan Microsoft dilarang IBM untuk memberitahukan tentang ikatannya kepada orang awam) Microsoft kemudian melisensikan sistem operasi ini ke IBM (sing menerbitkannya dengan nama PC-DOS) lan bekerja dengan perusahaan komputer untuk menerbitkannya dengan nama MS-DOS, pada setiap system komputer sing dijual.

Rencana Microsoft amat sukses tetapi digugat oleh Seattle Computer karena Microsoft tidak memberitahukan mengenai ikatannya dengan IBM untuk membeli system operasi itu dengan murah; oleh sebab ini, Microsoft membayar uang kepada Seattle Computer, tetapi tidak mengakui kesalahannya. Reputasi Gates kemudian lebih diburukkan oleh tuntutan dakwaan monopoli oleh Departemen Keadilan A.S. lan perusahaan-perusahaan individu sing menentang Microsoft dalam akhir dasawarsa 1990.

Dalam dasawarsa 1980 Gates gembira atas kemungkinan penggunaan CD-ROM sebagai media penyimpanan dokumen, lan mensponsori penerbitan buku CD-ROM: The New Papyrus sing mempromosikan ini.

Tidak dapat disangkal bahwa Bill Gates telah melakukan beberapa kesalahan dalam bisnis softwarenya. Hal ini terbukti dengan beberapa dakwaan sing diarahkan kepalanya berkaitan dengan cara - cara bisnis sing melanggar unlang-unlang bisnis Amerika Serikat, misalnya monopoli Internet Explorer pada sistem operasi Windows.

Pada tahun 2000, Bill Gates mengundurkan diri dari jabatannya sebagai CEO lan memandatkannya kepada kawan lamanya, Steve Ballmer. Gates kemudian memilih untuk kembali ke profesi lamanya sing ia cintai yaitu sebagai pencipta perangkat lunak. Kini Bill Gates menjadi Kepala Penelitian lan Pengembangan Perangkat Lunak di perusahaannya sendiri, Microsoft Corp.

Dalam kehidupan pribadinya, Gates menikah dengan Melinda French pada 1 Januari 1994. Mereka mempunyai tiga orang anak, Jennifer Katharine Gates (1996), Rory John Gates (1999) and Phoebe Adele Gates (2002).

Dengan istrinya, Gates telah mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation, sebuah yayasan sosial filantropi. Para kritikus mengatakan ini merupakan pembuktian terhadap kemarahan orang banyak tentang atas praktik monopoli lan adikuasa perusahaannya, tetapi mereka sing dekat dengan Gates berkata bahwa ia telah lama berencana untuk menyumbangkan sebagian besar hartanya. Pada tahun 1997 koran Washington Post menyatakan bahwa "Gates telah menyatakan bahwa dia memutuskan untuk menyumbangkan 90 persen daripada hartanya semasa dia masih hidup." Untuk meletakkan ini dalam perspektif sing benar, sumbangan ini, walau apa sebabnya, telah menyediakan uang sing amat diperlukan untuk beasiswa universitas kaum minoritas, menentang AIDS lan sebab-sebab lain, kebanyakannya isu-isu sing biasa tidak dipedulikan oleh komunitas penderma, seperti penyakit-penyakit sing biasa kita lihat di dunia ketiga. Dalam bulan Juni 1999, Gates lan istrinya mendermakan $5 miliar kepada organisasi mereka, pendermaan sing paling besar dalam dunia oleh individu-individu sing hidup.

Pada tahun 1994, ia membeli Codex Leicester, sebuah koleksi naskah manuskrip Leonardo da Vinci; pada tahun 2003 koleksi ini dipamerkan di Museum Seni Seattle.

Pada tahun 2005, Gates menerima penghargaan kesatriaan (Knight Commander of the Order of the British Empire Kehormatan) dari Ratu Elizabeth II.

Pada 27 Juni 2008, Gates mengundurkan diri dari sebagian besar jabatannya di Microsoft (namun tetap bertahan sebagai ketua dewan direktur) lan mengkonsentrasikan diri pada kerja kedermawanan melalui yayasan sing didirikannya, Yayasan Bill & Melinda Gates.

Perkiraan kekayaannya[sunting | besut sumber]

Menurut senarai Forbes orang-orang paling kaya dalam dunia [1]:

  • 1996 - $18,5 miliar, peringkat #1
  • 1997 - $36,4 miliar, peringkat #2
  • 1998 - $51,0 miliar, peringkat #1
  • 1999 - $90,0 miliar, peringkat #1
  • 2000 - $60,0 miliar, peringkat #1
  • 2001 - $58,7 miliar, peringkat #1
  • 2002 - $52,8 miliar, peringkat #1
  • 2003 - $40,7 miliar, peringkat #1
  • 2004 - $46,6 miliar, peringkat #1
  • 2010 - $53,0 miliar, peringkat #2

Pujian[sunting | besut sumber]

Penerbitan[sunting | besut sumber]

Bill Gates dalam film[sunting | besut sumber]

Beberapa film lan program televisi bertemakan Bill Gates. Antaranya:

Bacaan lanjutan[sunting | besut sumber]

  • James Wallace (1993) Hard Drive : Bill Gates and the Making of the Microsoft Empire Harper Business. ISBN 0-88730-629-2
  • Jeanne M. Lesinski (2000) Bill Gates Lerner Publications Company. ISBN 0-8225-9689-X
  • Janet Lowe (1998) Bill Gates Speaks : Insight from the World's Greatest Entrepreneur John Wiley and Sons. ISBN 0-471-29353-9

Referensi[sunting | besut sumber]

Pranala jaba[sunting | besut sumber]

Didahului oleh:
Warren Buffett
Orang Terkaya Dunia
1996-2007
Digantikan oleh:
Warren Buffett
Didahului oleh:
Warren Buffett
Orang Terkaya Dunia
2009-2010
Digantikan oleh:
Carlos Slim Helú