Internet

Sekang Wikipedia, Ensiklopedia Bebas sing nganggo Basa Banyumasan: dhialek Banyumas, Purbalingga, Tegal lan Purwokerto.
Visualisasi dari beberapa route pada jaringan Internet.

Business Analyst Signal Networking ASN the Fan Miyako Remote Elektronik and Programmer biner 0,1 and 1,1 Elektronik digital and Elektronik Analog, Jenis Integrated Cercuit IC

1,1 Cripto B 11 back 1 HTTP and HTTPS Situs: Analisis Nomor Telepon Aktif Dalam Melakukan Sistem Komunikasi Google tidak menyusun suatu komunikasi tapi melakukan software Agar Print Document Dapat Tercapai Dengan Tujuan Bersama, Sosial Jaringan


Internet (singkatan sekang interconnection-networking) yakuwe sistem global sekang kabeh jaringan komputer sing pada nyambung nggunakna protokol standar Internet Protocol Suite (TCP/IP).

Sejarah Internet[sunting | besut sumber]

Awal mulane, internet mung hubungna 4 universitas nang Amerika Serikat. Internet pada kuwe dijenengi ARPANET

Internet pada saat ini[sunting | besut sumber]

Representasi grafis dari jaringan WWW (hanya 0.0001% saja).

Internet dijaga oleh perjanjian bilateral atau multilateral dan spesifikasi teknikal (protokol sing menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian). Protokol-protokol ini dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF), sing terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen sing dikenali sebagai RFC (Request for Comments). Sebagian dari RFC dijadikan Standar Internet (Internet Standard), oleh Badan Arsitektur Internet (Internet Architecture Board - IAB). Protokol-protokol Internet sing sering digunakan adalah seperti, IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL.

Beberapa layanan populer di Internet sing menggunakan protokol di atas, ialah email/surat elektronik, Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di antara semua ini, email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis sing dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog. Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan webcast, sing dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui Internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messenger dan Windows Live Messenger.

Beberapa servis Internet populer sing berdasarkan sistem tertutup (Proprietary System), adalah seperti IRC, ICQ, AIM, CDDB, dan Gnutella.

Budaya Internet[sunting | besut sumber]

Jumlah pengguna Internet sing besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya Internet. Internet juga mempunyai pengaruh sing besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses Internet sing mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran(decentralization) / pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrem.

Perkembangan Internet juga telah memengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli sing sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet. Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce.

Terkait dengan pemerintahan, Internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-government seperti di kabupaten Sragen sing mana ternyata berhasil memberikan peningkatan pemasukan daerah dengan memanfaatkan Internet untuk transparansi pengelolaan dana masyarakat dan pemangkasan jalur birokrasi, sehingga warga di daerah terebut sangat di untungkan demikian para pegawai negeri sipil dapat pula di tingkatkan kesejahterannya karena pemasukan daerah meningkat tajam.

Tata tertib Internet[sunting | besut sumber]

Pada bae karo sebuah komunitas, Internet uga duwe tata tertib tertentu, sing jenenge Nettiquette utawa neng bahasa Indonesia dikenal karo istilah netiket.

Kanggo nang Indonesia selain tata tertib sosial neng Internet uga diberlakukna peraturan (UU ITE).

Isu moral dan undang-undang[sunting | besut sumber]

Terdapat kebimbangan masyarakat tentang Internet sing berpuncak pada beberapa bahan kontroversi di dalamnya. Pelanggaran hak cipta, pornografi, pencurian identitas, dan pernyataan kebencian (hate speech), adalah biasa dan sulit dijaga. Hingga tahun 2007, Indonesia masih belum memiliki Cyberlaw, padahal draft akademis RUU Cyberlaw sudah dibahas sejak tahun 2000 oleh Ditjen Postel dan Deperindag. UU sing masih ada kaitannya dengan teknologi informasi dan telekomunikasi adalah UU Telekomunikasi tahun 1999.

Internet juga disalahkan oleh sebagian orang karena dianggap menjadi sebab kematian. Brandon Vedas meninggal dunia akibat pemakaian narkotik sing melampaui batas dengan semangat dari teman-teman chatting IRCnya. Shawn Woolley bunuh diri karena ketagihan dengan permainan online, Everquest. Brandes ditikam bunuh, dan dimakan oleh Armin Meiwes setelah menjawab iklan dalam Internet.

Akses Internet[sunting | besut sumber]

Anak-anak sedang menggunakan komputer untuk mengakses Internet.

Negara dengan akses Internet sing terbaik termasuk Korea Selatan (50% daripada penduduknya mempunyai akses jalurlebar - Broadband), dan Swedia. Terdapat dua bentuk akses Internet sing umum, yaitu dial-up, dan jalurlebar. Di Indonesia, seperti negara berkembang dimana akses Internet dan penetrasi PC sudah cukup tinggi dengan didukungnya Internet murah dan netbook murah, hanya saja di Indonesia operator kurang adil dalam menentukan harga dan bahkan ada salah satu operator sing sengaja membuat "jebakan" agar pengguna Internet tersebut membayar lebih mahal. Lainnya sekitar 42% dari akses Internet melalui fasilitas Public Internet Access seperti warnet , cybercafe, hotspot dll. Tempat umum lainnya sing sering dipakai untuk akses Internet adalah di kampus dan di kantor.

Disamping menggunakan PC (Personal Computer), kita juga dapat mengakses Internet melalui Handphone (HP) menggunakan fasilitas sing disebut GPRS (General Packet Radio Service). GPRS merupakan salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel) sing memiliki kecepatan koneksi 115 kbps dan mendukung aplikasi sing lebih luas (grafis dan multimedia). Teknologi GPRS dapat diakses sing mendukung fasilitas tersebut. Pengaturan GPRS pada ponsel tergantung dari operator sing digunakan. Biaya akses Internet dihitung melalui besarnya kapasitas (per-kilobyte) sing diunduh.

Penggunaan Internet di tempat umum[sunting | besut sumber]

Internet uga semakin akeh digunakna nang tempat umum. Beberapa tempat umum sing nyediakna layanan Internet termasuk perpustakaan, lan Internet cafe/warnet (uga disebut Cyber Cafe). Uga ana tempat awam sing nyediakna pusat akses Internet, kaya Internet Kiosk, Public access Terminal, lan Telepon web.

Uga ana toko-toko sing nyediakna akses wi-fi, kaya Wifi-cafe. Pengguna mung perlu gawa laptop (notebook), utawa PDA, sing nduwe kemampuan wifi kanggo memperoleh akses Internet.

Tokoh-tokoh Internet[sunting | besut sumber]

Lihat pula[sunting | besut sumber]

Referensi[sunting | besut sumber]

  • (Inggris) Internet Wikipedia Bahasa Inggris

Pranala luar[sunting | besut sumber]