Richard Wagner

Sekang Wikipédia, Ènsiklopédhi Bébas basa Banyumasan: dhialék Banyumas, Tegal, Cirebon karo Jawa Serang/Banten lor.
Mlumpat maring: navigasi, goleti


Richard Wagner

Wilhelm Richard Wagner (lair 22 Mei 1813 – seda 13 Februari 1883 dong umure 69 taun) kuwe salah siji komponis berpengaruh sekang Jerman, pakar teori musik, lan penulis, sing kondang jalaran karya operane. Musike esih sering dimaina, sing paling kondang yakuwe "Ride of the Valkyries" sekang Die Walküre lan "Bridal Chorus" sekang Lohengrin. Wagner uga termasuk tokoh sing kontroversial, jalaran inovasi musik lan inovasi dramane lan uga jalaran dheweke kuwe pendukung pemikiran-pemikiran anti-semitisme. Nang jeroning sejarah musik, Wilhelm Richard Wagner digolongna komponis sekang Jaman Romantik.

Wilhelm Richard Wagner lair nang Leipzig, Jerman, tanggal 22 Mei 1813. Ayahnya, seorang pejabat kotamadya rendahan, meninggal 6 bulan setelah kelahirannya, dan pada Agustus 1814 ibunya menikahi aktor bernama Ludwig Geyer. Geyer, yang didesas-desuskan merupakan ayah Wagner yang sebenarnya, meninggal ketika Wagner berusia enam tahun, mengakibatkan Wagner hanya dibesarkan ibunya.

Karya[sunting | sunting sumber]

Opera[sunting | sunting sumber]

Richard Wagner

Musik non-opera[sunting | sunting sumber]

Bridal Chorus dari Lohengrin (populer di negara-negara yang berbahasa Inggris sebagai "Here Comes the Bride" (Datangnya Sang Pengantin) sering dimainkan sebagai lagu pengiring pada acara pernikahan.

Karya lainnya[sunting | sunting sumber]

Wagner adalah seorang penulis yang sering berkarya, mengarang lebih dari ratusan buku, puisi, dan artikel, serta jumlah korespondensi yang besar. Karyanya mencakup topik yang luas, termasuk politik, filsafat, dan analisis lengkap (biasanya saling bertentangan) mengenai operanya.

Dia bertanggung jawab atas beberapa inovasi teater yang dikembangkan di Bayreuth Festspielhaus, sebuah gedung opera yang dibangun secara khusus untuk pementasan operanya. Inovasi lainnya termasuk menggelapkan auditorium pada saat pertunjukan, dan meletakkan orkestranya di sebuah lubang yang tidak terlihat penonton. Bayreuth Festspielhaus adalah lokasi sebuah festival tahunan, Festival Richard Wagner, yang menarik ribuan penggemar opera ke Bayreuth pada setiap musim panas.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Wagner dan operanya

Topik-topik yang berkaitan

Sampel audio

Cithakan:Jerman-bio-stub Cithakan:Musikus-stub