WP:KPC

Sekang Wikipedia, Ensiklopedia Bebas sing nganggo Basa Banyumasan: dhialek Banyumas, Purbalingga, Tegal lan Purwokerto.
Menyang navigasi Menyang panggolèkan
Gtk-redo-ltr.svg WP:CSD
WP:KPC
Untuk daftar artikel yang diusulkan dihapus secara cepat, lihat Kategori:Artikel yang layak untuk dihapus
Pembuat suatu halaman yang diusulkan untuk dihapus tidak diperkenankan untuk menghapus tag {{hapus}}. Mereka hanya diperkenankan menambahi tag {{tunggu dulu}} di halaman tersebut, dan memberikan rasionalisasi di halaman pembicaraannya.

Penghapusan cepat adalah penghapusan suatu halaman di Wikipedia yang dirasa tidak layak dan tidak perlu melalui suatu proses diskusi. Penghapusan ini dapat langsung dilakukan oleh seorang pengurus dengan menggunakan akal sehat dan Wikipedia:Pancapilar Wikipedia sebagai pedoman. nonpengurus atau pengurus yang ingin mendapat opini kedua dapat mengusulkan penghapusan cepat dengan memberikan templat {{Hapus}}. Kata "cepat" di sini berarti adalah prosedur penghapusannya, bukan periode waktu sejak artikel tersebut dibuat.

Halaman ini berisi kriteria-kriteria penghapusan. Sebelum mengusulkan suatu penghapuskan, pertimbangkan terlebih dahulu untuk memperbaikinya, menguranginya menjadi level rintisan, menggabungkannya, atau mengalihkannya ke artikel lain. Jangan tergesa-gesa mengusulkan penghapusan pada saat suatu artikel baru dibuat. Penyunting mungkin berencana untuk memperbaikinya dalam waktu dekat, oleh sebab itu jika suatu artikel dirasa belum lengkap, jangan buru-buru mengusulkannya untuk dihapus.

Seorang Wikipediawan yang mengusulkan penghapusan cepat perlu mencantumkan salah satu kriteria di bawah sebagai alasannya. Orang yang sama juga dianjurkan (walaupun tidak diharuskan) untuk memberitahukan pembuat artikel tersebut bahwa artikelnya diusulkan untuk dihapus, kecuali jika pembuatnya tidak log masuk (hanya melalui alamat IP).

Kriteria[sunting | besut sumber]

Singkatan kadang digunakan untuk merujuk pada kriteria-kriteria ini. Sebagai contoh, "U12" merujuk pada kriteria nomor 12 di bagian umum dan P1 merujuk pada kriteria nomor 1 pada bagian pengguna. Singkatan-singkatan ini kadang dapat memusingkan bagi pengguna baru, atau siapapun yang belum terbiasa dengan halaman ini; karenanya, lebih dianjurkan untuk menggunakan penjelasan lebih lengkap mengenai mengapa suatu halaman dihapus.

Di bagian bawah akan diberikan suatu tabel berisi templat-templat yang dapat digunakan untuk masing-masing kriteria tersebut.

Umum (U)[sunting | besut sumber]

Kriteria berikut dapat diterapkan pada semua ruang nama, dan merupakan tambahan bagi kriteria spesifik ruang nama pada bagian-bagian selanjutnya.

  1. Cithakan:Wp. Yang termasuk di dalamnya: Halaman-halaman yang isinya hanyalah ujaran tak keruan, tanpa makna dan isi. Yang tidak termasuk di dalamnya: penulisan yang buruk, terjemahan buruk, vandalisme, materi fiktif, materi berbahasa selain bahasa Indonesia, pemberitaan palsu; namun demikian, beberapa di antara yang disebutkan dapat dihapus dengan dasar vandalisme.
  2. Uji coba. Yang termasuk di dalamnya: Halaman yang dibuat untuk mencoba sintaks-sintaks wiki. Yang tidak termasuk di dalamnya: penyuntingan di halaman-halaman bernama "bak pasir".
  3. Cithakan:Wp murni/terang-terangan.
  4. Pembuatan ulang dari halaman yang sudah dihapus. Yang termasuk di dalamnya: Salinan dari halaman yang dihapus melalui sebuah diskusi, baik melalui Wikipedia:Usulan penghapusan maupun di halaman pembicaraannya. Yang tidak termasuk di dalamnya: Pemulihan artikel melalui Cithakan:Wp dan halaman yang dihapus tanpa melalui diskusi.
  5. Pengguna yang diblokir atau yang dilarang. Yang termasuk di dalamnya: Halaman-halaman yang dibuat oleh pengguna yang sedang diblokir atau dilarang, termasuk yang terbukti membuat Cithakan:Wp, yang melanggar ketentuan pemblokiran atau pelarangan mereka.
  6. Penghapusan teknis. Yang termasuk di dalamnya: Penghapusan untuk alasan penggabungan riwayat revisi ('dihapus untuk mengantisipasi pemindahan halaman'). Jika alasan yang dipakai memerlukan penjelasan, dapat dijelaskan di halaman pembicaraannya.
  7. Permintaan pembuat halaman. Yang termasuk di dalamnya: Permintaan Wikipediawan yang memulai halaman itu, jika halaman tersebut belum disunting secara berarti oleh pengguna lain. Jika pembuat halaman mengosongkan halaman yang dibuatnya, hal ini dapat diartikan bahwa ia menginginkan halaman tersebut dihapus
  8. Halaman yang tergantung pada halaman yang tak ada atau yang dihapus. Yang termasuk di dalamnya: Pengalihan rusak (termasuk nama pengalihan yang buruk, pengalihan yang berputar), halaman pembicaraan yang artikelnya telah dihapus, subhalaman yang super-halamannya telah dihapus, halaman berkas tanpa suatu berkas, atau kategori yang isinya telah dipindahkan (bisa juga diganti dengan {{alihkat}}). Yang tidak termasuk di dalamnya: diskusi penghapusan yang tidak terdapat di tempat lain, halaman pengguna dan halaman pembicaraan pengguna, arsip pembicaraan, pengalihan rusak yang masih bisa dialihkan ke halaman lain, dan halaman berkas dan halaman pembicaraan berkas untuk berkas yang terdapat di Commons.
  9. Tindakan resmi.
  10. Serangan atau olokan terhadap subyek atau entitas lain. Yang termasuk di dalamnya: Ancaman, artikel biografi orang hidup yang isinya semuanya bernada negatif dan tidak memiliki sumber (dan di sejarah revisinya tidak ada versi yang netral yang dapat digunakan). Judul artikel dan isi artikel dapat dipakai untuk menentukan apakah artikel tersebut masuk kategori ini atau tidak.
  11. Cithakan:Wp atau promosi murni/terang-terangan. Yang termasuk di dalamnya: Halaman yang dibuat dengan tujuan utama untuk mempromosikan suatu entitas, dan yang tidak ensiklopedis (yang perlu ditulis ulang agar bersifat ensiklopedis) dan direktori pranala luar atau spam. Yang tidak termasuk di dalamnya: artikel yang memiliki judul suatu nama perusahaan atau produk tidak secara otomatis masuk ke kategori ini.
  12. Cithakan:Wp murni/terang-terangan. Yang termasuk di dalamnya: Halaman dengan teks yang berhak cipta tanpa adanya suatu pemberitahuan yang jelas bahwa teks tersebut diberi lisensi domain publik, penggunaan bebas, atau penggunaan gratis, dan tidak ada bagian dari teks yang tidak melanggar hak cipta yang patut diselamatkan. Kecuali jika ditinjau dari riwayat halamannya tidak ada versi yang bisa digunakan untuk menggantikan versi yang melanggar hak cipta, maka halaman tersebut akan dihapus seluruh isinya.