Wikipedia:Nggawe kaca anyar: Béda antarané révisi

Sekang Wikipedia, Ensiklopedia Bebas sing nganggo Basa Banyumasan: dhialek Banyumas, Purbalingga, Tegal lan Purwokerto.
Konten dihapus Konten ditambahkan
Baris 21: Baris 21:
Ngeklik tur ngisi pranala [[abang]] kaya kiye kuwe pada baen njenengan nggawe artikel anyar.
Ngeklik tur ngisi pranala [[abang]] kaya kiye kuwe pada baen njenengan nggawe artikel anyar.


Anda tentu saja dapat menciptakan pranalanya sendiri, di halaman yang bersangkutan atau di halaman indeks. Meskipun begitu, Anda sebaiknya menciptakan pranala setelah selesai menulis halaman baru, khususnya jika pranala tersebut akan menggantikan sebuah pranala yang menuju ke halaman yang sudah ada. Dalam situasi seperti ini Anda dapat menciptakan pranala tetapi jangan klik 'Simpan halaman' tetapi gunakan 'Lihat pratayang' dahulu (agar dapat memastikan bahwa link tersebut bekerja).
nJenengan bisa bae nggawe pranala dewek, nang halaman sing ana sangkutane utawa halaman indeks. Senadyan kayakuwe, apike nggawe pranala sewise rampung nulis halaman anyar, khususe nek pranala kuwe arep nggantikna sewijine pranala sing ngarah meng halaman sing wis ana. Nang kahanan kaya kiye, njenengan bisa nggawe pranala tapi aja di klik 'Simpen' tapi nganggo 'Pratayang' disit (men bisa mastikna nek link sing mau kuwe bekerja).


Perlu diperhatikan juga bahwa pranala-pranala pada halaman yang bersangkutan membuat navigasi antar halaman menjadi lebih nyaman, dan juga membuat orang mengetahui adanya halaman baru tersebut.
Perlu digatekna uga nek pranala-pranala nang halaman sing ana sangkutane nggawe navigasi antar halaman dadi lewih nyaman, lan uga nggawe wong ngerti anane halaman anyar kuwe.


===Ngaawe kaca anyar sekang URL===
===Ngaawe kaca anyar sekang URL===

Revisi per 21 Juli 2010 11.38

Petunjuk kanggo nggawe kaca/halaman anyar:

Aturan umum

  • Angger nggawe halaman anyar jajal molai sekang pranala (link) sing wis ana. (Ana sing jenenge "pranala hantu (ghost links)" utawa "pranala abang (red links)" -- pranala kiye yakuwe pranala sing wis digawe lan wis dadi bagian salahsiji artikel ningen urung ana isi utawa penjelasane.
  • Kudu dieling, nggawe uga nyajekna konteks, sing isine kanggo pengantar singkat nang awal artikel.
  • Pahami disit konvensi njenengi artikel wikipedia sedurung nggawe kaca anyar. Jeneng artikel sing bener isa njamin kaca/halaman sing ditulis kuwe mengko gampang dikaitna karo kaca sing ana hubungane, sekaligus kanggo ngindari perobahan jeneng mengkone.
  • Kaca anyar kudu dimolai nganggo kalimat sing sempurna (lengkap), aja kaya nggawe definisi nang kamus. Tonjolna kalimat utawa tembung-tembung sing dadi judul nang awal artikel (umume nang kalimat pertama).

PERINGATAN: Aja nganti nulis artikel sing : pendek banget, ora nana hubungane karo judul, isine tembung-tembung ora senonoh lan ora ngandung informasi sing cukup. Angger kedaden kaya kiye nJenengan bisa kena blokir aksese. (Aku kok angel mlebu/sign, kepriwe carane yah . . . . ).


Cara-cara nggawe kaca anyar

Gawe kaca anyar sekang pranala (cantolan,link) sing wis ana

Nek kepengin miwiti kaca anyar, njenengan isa nggawe liwat link abang sing wis ana neng salah siji kaca/artikel sing wis dadi (pranala internal).

Pranala-pranala internal kuwe umume kanggo ngelengkapi artikel sing wis ana utawa sengaja disiapna kanggo mancing wong liya ngisi pranala abang/kosong kuwe.

Ngeklik tur ngisi pranala abang kaya kiye kuwe pada baen njenengan nggawe artikel anyar.

nJenengan bisa bae nggawe pranala dewek, nang halaman sing ana sangkutane utawa halaman indeks. Senadyan kayakuwe, apike nggawe pranala sewise rampung nulis halaman anyar, khususe nek pranala kuwe arep nggantikna sewijine pranala sing ngarah meng halaman sing wis ana. Nang kahanan kaya kiye, njenengan bisa nggawe pranala tapi aja di klik 'Simpen' tapi nganggo 'Pratayang' disit (men bisa mastikna nek link sing mau kuwe bekerja).

Perlu digatekna uga nek pranala-pranala nang halaman sing ana sangkutane nggawe navigasi antar halaman dadi lewih nyaman, lan uga nggawe wong ngerti anane halaman anyar kuwe.

Ngaawe kaca anyar sekang URL

Jika Anda mengetikkan URL (alamat internet) Wikipedia yang belum mempunyai isi/informasi, Anda akan menemukan sebuah halaman yang menampilkan pesan seperti ini.

Anda bisa menyunting halaman itu dengan mengklik 'sunting' di bagian atas halaman.

Cara yang mudah untuk membuat URL baru adalah dengan mengedit bagian terakhir URL untuk artikel lain dalam proyek yang sama.

Misalnya:

Anda menggunakan URL halaman Indonesia yang berada di:

http://map-bms.wikipedia.org/wiki/Indonesia

Lalu jika Anda ingin memulai halaman baru yang berjudul 'Artikel anyar', ganti bagian belakangnya menjadi:

http://map-bms.wikipedia.org/wiki/Artikel_anyar

Nggawe pranala neng kaca liya

Ketika Anda mengedit suatu artikel, jika ada suatu kata atau frasa memberi ide bahwa perlu ada artikel tersendiri untuk menjelaskannya lebih lanjut, beri saja dua kurung siku di sisi-sisinya, [[seperti ini]]. Kita sebut sebagai pe-"wiki"-an teks. Setelah Anda simpan artikel tadi, maka kata tadi secara ajaib akan dikaitkan dengan artikel lain yang sudah ada, atau akan menjadi satu kait berwarna merah seperti yang dijelaskan di atas, yaitu memungkinkan penambahan artikel baru. Demikianlah cara jitu untuk menulis artikel.

Nggawe kaca sing bener-bener anyar

Jika Anda ingin membuat satu halaman yang sama sekali baru, ada baiknya melakukan pencarian (search) terlebih dahulu menggunakan kotak "cari" (lihat di bagian kiri halaman ini, misalnya) dan lihat apakah belum ada sama sekali orang lain yang membuat halaman dengan topik tersebut ataupun yang mirip dengannya.

Carilah halaman yang sejenis, sehingga Anda tidak perlu membuat yang baru, atau mungkin juga Anda cukup membuat pengarah (redirection) ke entri yang sudah ada tadi. Sebagai contoh kalau Anda ingin menulis entri Soekarno atau Sukarno, ternyata sudah tersedia entri Soekarno mirip dengan yang Anda maksud, jadi tidak perlu membuat yang baru, cukup memasang halaman pengarah (redirection page).

Sekiranya belum ada seorang pun membuat halaman dengan subjek yang Anda maksud, silahkan cari topik-topik yang relevan (seringkali kategori umum, seperti Pendidikan atau Olah raga), sunting halaman itu, kemudian (di tempat yang sesuai) tambahkan judul artikel yang anda akan buat dengan cara menaruh dua pasang kurung siku, [[seperti ini]]. Kemudian tekan tombol "Simpan halaman" di bagian bawah halaman. Di halaman yang baru saja Anda sunting akan terlihat pranala berwarna merah yang bisa diklik atau bisa juga muncul tanda tanya (tergantung dari preferensi yang Anda pasang); klik di tempat itu dan mulailah mengerjakan halaman tersebut! Kebiasaan yang baik ini akan menjaga ensiklopedia tetap terstruktur dengan rapi.

Nganggo kothak njajal

Cara lainnya adalah menggunakan kothak njajal!

  • Sunting kothak njajal (bak pasir, sandbox, tempat uji coba/bermain), kemudian buat sebuah pranala.
  • Kemudian mulai/sunting halaman baru dengan mengklik pranala, serta menuliskan teks.

Catatan: Kothak njajal (bak pasir/sandbox) secara teratur dihapus, jadi jangan lupa menandai halaman-halaman yang sudah Anda buat, untuk dapat menyuntingnya lagi di lain kesempatan. Jika Anda anggota yang terdaftar, akan muncul juga di bawah "Sumbangan saya" pada Quickbar di kanan atas halaman.

Ada baiknya juga halaman yang baru dituliskan diuji dengan pemeriksa ejaan (spell checker) sebelum dikirim. Anda mungkin juga merasa nyaman untuk membuat salinan dari halaman yang dimaksud, menyuntingnya, lalu menaruhnya kembali (paste) di halaman itu.

Memulai topik yang sama sekali baru sangatlah bermanfaat dalam pengembangan Wikipedia lebih luas (dan lebih dalam).

Catatan: Ingat bahwa Wikipedia adalah ensiklopedia dengan isi terbuka. Anda berkontribusi pada basis data informasi umum yang bebas. Anda secara otomatis menerima lisensi atas apa yang Anda tuliskan mengkuti GNU_Free_ Documentation_License; Anda hanya boleh melakukannya jika Anda memiliki hak cipta atas material (yang Anda karang sendiri), atau jika material itu milik umum. Silahkan baca selengkapnya di hak cipta (dalam bahasa Inggris). Jangan cantumkan bahan yang dilindungi hak cipta tanpa seijin pemiliknya.

Deleng uga

mBalik ming: Kaca Utama