Kamboja

Sekang Wikipedia, Ensiklopedia Bebas sing nganggo Basa Banyumasan: dhialek Banyumas, Purbalingga, Tegal lan Purwokerto.

Preah-reach-anachâk Kampuchea
Motto: 
(basa Khmer: Bangsa, Agama, Raja)
Lagu kebangsaanNokoreach
Lokasi Kamboja
Ibu kota
(dan kota terbesar)
Phnom Penh
Bahasa resmi Khmer; basa Perancis lan Inggris mung dienggo nang kaum terdidik
Pemerintahan Monarki konstitusional demokratik
 -  Raja Norodom Sihamoni
 -  Perdana Menteri Hun Manet
Kemerdekaan
Luas
 -  Total 181,035 km2 (88)
 -  Air (%) 2,5%
Penduduk
 -  Perkiraan 2017 16.204.486 (69)
 -  Sensus 2008 13.395.682 
 -  Kepadatan 81.8/km2 (118)
PDB (KKB) Perkiraan 2003
 -  Total $29.344 juta (86)
 -  Per kapita $2.189 (122)
Mata uang Riel 1 (KHR)
Zona waktu (UTC+7)
Lajur kemudi kanan
Ranah Internet .kh
Kode telepon 855
1 Mata uang lokal, senajan Dolar AS esih sering dienggo.

Kerajaan Kamboja kuwe salah siji negara sing bentuke monarki konstitusional nang Asia Tenggara. Negara kiye kuwe peneruse Kekaisaran Khmer sing tau nguasai kabeh Semenanjung Indochina antara abad kaping-11 gutul 14.

Kamboja jejeran karo Thailand nang sisi kulon, Laos nang lor, Vietnam nang wetan, lan Teluk Thailand nang kidul. Kali Mekong lan Danau Tonle Sap nglewati negara kiye.

Dong arep merdeka, Negara Kesatuan Republik Indonesia akeh ngrewangi negara Kamboja kiye. Buku - buku taktik perang karangan perwira militer Indonesia akeh sing dienggo nang militer Kamboja. Mulane kuwe, para calon perwira nang militer Kamboja, kudu sinau lan teyeng nganggo basa Indonesia.

Sejarah[sunting | besut sumber]

Perkembangan peradaban Kamboja terjadi pada abad 1 Masehi. Selama abad ke-3,4 lan 5 Masehi, negara Funan lan Chenla bersatu kanggo membangun daerah Kamboja. Negara-negara ini mempunyai hubungan dekat dengan China lan India. Kekuasaan dua negara ini runtuh ketika Kerajaan Khmer dibangun lan berkuasa pada abad ke-9 sampai abad ke-13.

Kerajaan Khmer masih bertahan hingga abad ke-15. Ibukota Kerajaan Khmer terletak nang Angkor, sebuah daerah sing dibangu pada masa kejayaan Khmer. Angkor Wat, sing dibangun juga pada saat itu, menjadi simbol bagi kekuasaan Khmer.

Pada tahun 1432, Khmer dikuasai oleh Kerajaan Thai. Dewan Kerajaan Khmer memindahkan ibukota dari Angkor ke Lovek, dimana Kerajaan mendapat keuntungan besar karena Lovek adalah bandar pelabuhan. Pertahanan Khmer nang Lovek akhirnya bisa dikuasai oleh Thai lan Vietnam, lan juga berakibat pada hilangnya sebagian besar daerah Khmer. Peristiwa ini terjadi pada tahun 1594. Selama 3 abad berikutnya, Khmer dikuasai oleh Raja-raja dari Thai lan Vietnam secara bergilir.

Pada tahun 1863, Raja Norodom, sing dilantik oleh Thai, mencari perlindungan kepada Perancis. Pada tahun 1867, Raja Norodom menandatangani perjanjian dengan pihak Perancis sing isinya memberikan hak kontrol provinsi Battambang lan Siem Reap sing menjadi bagian Thai. Akhirnya, kedua daerah ini diberikan pada Kamboja pada tahun 1906 pada perjanjian perbatasan oleh Perancis lan Thai.

Kamboja dijadikan daerah Protektorat oleh Perancis dari tahun 1863 sampai dengan 1953, sebagai daerah dari Koloni Indochina. Setelah penjajahan Jepang pada 1940-an, akhirnya Kamboja meraih kemerdekaannya dari Perancis pada 9 November 1953. Kamboja menjadi sebuah kerajaan konstitusional dibawah kepemimpinan Raja Norodom Sihanouk.

Pada saat Perang Vietnam tahun 1960-an, Kerajaan Kamboja memilih kanggo netral. Hal ini tidak dibiarkan oleh petinggi militer, yaitu Jendral Lon Nol lan Pangeran Sirik Matak sing merupakan aliansi pro-AS kanggo menyingkirkan Norodom Sihanouk dari kekuasaannya. Dari Beijing, Norodom Sihanouk memutuskan kanggo beraliansi dengan gerombolan Khmer Merah, sing bertujuan kanggo menguasai kembali tahtanya sing direbut oleh Lon Nol. Hal inilah sing memicu perang saudara timbul nang Kamboja.

Khmer Merah akhirnya menguasai daerah ini pada tahun 1975, lan mengubah format Kerajaan menjadi sebuah Republik Demokratik Kamboja sing dipimpin oleh Pol Pot. Mereka dengan segera memindahkan masyarakat perkotaan ke wilayah pedesaan kanggo dipekerjakan nang pertanian kolektif. pemerentah sing baru ini menginginkan hasil pertanian sing sama dengan sing terjadi pada abad 11. Mereka menolak pengobatan Barat sing berakibat rakyat Kamboja kelaparan lan tidak ada obat sama sekali nang Kamboja.

Pada November 1978, Vietnam menyerbu RD Kamboja kanggo menghentikan genosida besar-besaran sing terjadi nang Kamboja. Akhirnya, pada tahun 1989, perdamaian mulai digencarkan antara kedua pihak sing bertikai ini nang Paris. PBB memberi mandat kanggo mengadakan gencatan senjata antara pihak Norodom Sihanouk lan Lon Nol.

Sekarang, Kamboja mulai berkembang berkat bantuan dari banyak pihak asing setelah perang, walaupun kestabilan negara ini kembali tergoncang setelah sebuah kudeta sing gagal terjadi pada tahun 1997

Pembagian Administatif[sunting | besut sumber]

Kamboja dibagi menjadi 20 propinsi (khett) lan 4 kota praja (krong). Daerah Kamboja banjur dibagi dadi distrik(srok), komunion (khum), distrik besar (khett), lan kepulauan(koh).

  1. Kota Praja (Krong):
  2. Propinsi (Khett):
  3. Kepulauan (Koh):

Geografi[sunting | besut sumber]

Kamboja nduwe area seluas 181.035 km2. Berbatasan dengan Thailand nang barat lan utara, Laos nang timurlaut lan Vietnam nang timur lan tenggara. Kenampakan geografis sing menarik nang Kamboja ialah adanya dataran lacustrine sing terbentuk akibat banjir nang Tonle Sap. Gunung tertinggi nang Kamboja adalah Gunung Phnom Aoral sing berketinggian sekitar 1.813 mdpl.

Cuaca[sunting | besut sumber]

Berikut ini tabel cuaca lan curah hujan nang Phnom Penh {{subst:Kotak cuaca phnom penh}}

Ekonomi[sunting | besut sumber]

Perekonomian Kamboja sempat turun pada masa Republik Demokratik berkuasa. Tapi, pada tahun 1990-an, Kamboja menunjukkan kemajuan ekonomi sing membanggakan. Pendapatan per kapita Kamboja meningkat drastis, namun peningkatan ini tergolong rendah bila dibandingkan dengan negara - negara lain nang kawasan ASEAN. PDB bertumbuh 5.0% pada tahun 2000 lan 6.3 % pada tahun 2001. Agrikultur masih menjadi andalan utama kehidupan ekonomi masyarakat terutama bagi masyarakat desa, selain itu bidang pariwisata lan tekstil juga menjadi bidang andalan dalam perekonomian nang Kamboja.

Perlambatan ekonomi pernah terjadi pada masa Krisis Finansial Asia 1997. Investasi asing lan turisme turun dengan sangat drastis, kekacauan ekonomi mendorong terjadinya kekerasan lan kerusuhan nang Kamboja.

Budaya[sunting | besut sumber]

Angkor Wat, Kamboja

Budaya nang Kamboja sangatlah dipengaruhi oleh agama Buddha Theravada. Diantaranya dengan dibangunnya Angkor Wat. Kamboja juga memiliki atraksi budaya sing lain, seperti, Festival Bonn OmTeuk, yaitu festival balap perahu nasional sing diadakan setiap November. Rakyat Kamboja juga menyukai sepak bola.

Deleng uga[sunting | besut sumber]

Deleng uga[sunting | besut sumber]

Pranala jaba[sunting | besut sumber]

Wikivoyage   Deleng panduan wisata Kamboja nang Wikivoyage