Desa Jeruklegi Wetan

Sekang Wikipedia, Ensiklopedia Bebas sing nganggo Basa Banyumasan: dhialek Banyumas, Purbalingga, Tegal lan Purwokerto.
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Jeruklegi adalah sebuah kecamatan dikabupaten Cilacap, jawa tengah , Indonesia. Kecamatan Jeruklegi berbatasan langsung dengan Batas Kabupaten Cilacap dengan Banyumas di sebelah Utara, disebelah timur berbatasan dengan Kec. Kubangkangkung, sebelah Selatan, berbatasan dengan Tritih KUlon, dan sebelah Barat berbatasan dengan Kesugihan.

Asal Usul Jeruklegi, konon katanya dahulu kala Karna Begitu banyaknya Tanaman Buah Jeruk disekitar tempat tersebut, (hmmm gak tau bener apa gak, soalnya belum melakukan riset,,hehe).

Jeruklegi memiliki luas sekitar 9.930,20 Ha, Daerah Jeruklegi Sebagian besar Berupa Persawahan serta sedikit Pegunungan. Penduduk Jeruklegi Umumnya masih diduduki Penduduk Asli atau PRibumi dari Jeruklegi sendiri, pendatang kebanyakan mereka yang berprofesi sebagai guru, atau Pedagang dari Desa ataupun kota seberang.

Jeruklegi sendiri mempunyai 13 Desa yang tersebar antara Lembah, persawahan dan Perbukitan. Berikut 13 Desa yang termasuk kawasan Kecamatan Jeruklegi : 1. Brebeg 2. Cilibang 3. Citepus 4. Jambusari 5. Jeruklegi Kulon 6. Jeruklegi Wetan 7. Karangkemiri 8. Mendala 9. Prapagan 10. Sawangan 11. Sumingkir 12. Tritih Lor 13. Tritih Wetan

Prasarana

Untuk Urusan Sarana dan Prasarana, sebenarnya Jeruklegi Memiliki Cukup dan bahkan lebih dari Kecamatan lain yang ada Di Kabupaten Cilacap.

Stasiun Jeruklegi Memiliki Stasiun Kereta Api yang melayani Penumpang, Jurusan Jakarta, Bandung, Padalarang, meski tak begitu besar, namun Stasiun jeruklegi, bisa dibilang menjadi Stasiun Transit Orang CIlacap, Terbukti dari Jumlah Penumpang yang membludak, saat Hari hari Besar tiba.

ANgkutan Umum Untuk Terminal , memang jeruklegi Belum mempunyai Terminal, Namun untuk masalah Transportasi ini, Jeruklegi mempunyai Angkutan uMum (angkot), yang Tujuan sampai ke kota Cilacap. Dan untuk Urusan Bus AKAP jurusan Jakarta, Jeruklegi juga membuka Agen Bus AC dan Non AC, jadi gak perlu repot.

Bandar Udara Nah Untuk yang satu ini, merupakan Keunggulan dari Jeruklegi. Bandara TUnggul Wulung, masih termasuk dalam wilayah Kecamatan Jeruklegi. Namun semenjak tahun 2007an, Bandara tunggul Wulung hanya dijadikan sebagai tempat transit, pesawat – pesawat Khusus saja.

Pasar Untuk Pasar, kecamatan Jeruklegi tidak kerepotan untuk masalah ini, Ada Pasar Utama yang terletak diDesa Jeruklegi Wetan, yang termasuk Pusat dari Jeruklegi itu sendiri.

Pusat Olahraga Jeruklegi juga tidak ketinggalan dengan Area – Area Untuk Olahraga, terbukti, Jeruklegi mempunya kurang lebih 2 Lapangan sepakbola, yang terdapat di Jeruklegi wetan dan Jambusari. Jeruklegi juga mempunyai Lapangan Golf, Gedung Badminton dan lain sebagainya.

Sekolah Untuk Masalah Sekolah, Jeruklegi memiliki banyak sekolah – sekolah yang kompeten, dari SMP sampai SMA, antara lain : SMP N 1 Jeruklegi, SMP N 2 Jeruklegi, SMP Yos Sudarso , SMP Muhamadiyah, SMP PGRI, SMA N 1 Jeruklegi, SMA Yos Sudarso.

Selain yang tertulis diatas, Jeruklegi juga masih mempunyai Sarana dan Prasarana yang banyak sekali, sebut saja, Puskesmas, Masjid, KUA, DLL.


SUmber Daya

Untuk Urusan SUmber Daya, Jeruklegi Juga tidak kekurangan akan hal ini, Jeruklegi mempunyai cukup lahan Pertanian, dan tanahnya juga gampang untuk ditanami bermacam – macam Palawija. Sedangkan untuk Sumber Daya Manusia, tercatat Sensus Penduduk tahun 2008, jeruklegi ditempati kurang lebih 80.699 Jiwa.


Meski Bisa dibilang Jeruklegi hanyalah tempat Transit atau lewat saja, namun sebenarnya jeruklegi mempunyai Kapasitas sebagai desa yang modern, hanya saja, mungkin semua itu belum terrealisasi dengan baik. Dan untuk bisa mewujudkan semua itu, tentunya dukungan bukan hanya didapat dari jajaran Kepengurusan pemerintahan saja, namun Warga dan penduduknya juga harus bisa memberikan konstribusi yang nyata demi Kemajuan Jeruklegi menjadi Desa yang Kompeten dan Modern.