Wikipedia:ProyekWiki

Sekang Wikipedia, Ensiklopedia Bebas sing nganggo Basa Banyumasan: dhialek Banyumas, Purbalingga, Tegal lan Purwokerto.
Pitulung · Komunitas · Portal · Isi Pilihan · ProyekWiki · Permintaan artikel · Pengusulan
WP:PW
WP:PROYEK
ProyekWiki

ProyekWiki kuwe upaya kolaborasi kanggo pengelolaan suatu kelompok informasi tertentu nang jroning Wikipedia. ProyekWiki dudu digunakna nggo nulis artikel ensiklopedia maring kelompok informasi tertentu, ningen kanggo mbantu koordinasi lan organisasi penulisan artikel kanggo kelompok informasi kuwe. Contone, ProyekWiki Ibukota propinsi Indonesia, kuwe upaya kanggo ngembangna artikel-artikel bab ibu kota propinsi nang Indonesia.

Berpartisipasi dalam ProyekWiki[besut sumber]

Daftar ProyekWiki disediakna nggo ndeleng proyek-proyek sing uwis digawe. Angger Rika tertarik maring salah siji proyek, waca keterangan bab proyek kuwe ben Rika bisa olih gambaran apa sing Rika teyeng ewangi. Gunakna kaca dhiskusi proyek kanggo niliki perkembangan dhiskusi bab proyek lan uga ngajukna pitakonan nek ana sing kurang jelas. Daftarna awake Rika maring bagiyan "Partisipan" nang kaca informasi ProyekWiki kuwe, banjur molai nyambut gawe.

Ngawe ProyekWiki anyar[besut sumber]

Sapa baen teyeng molai/gawe proyek anyar. ProyekWiki dirancang kanggo ngoordinasikna kerja beberapa orang, karenanya penting untuk memastikan bahwa tidak hanya Anda saja yang berpartisipasi dalam proyek yang Anda mulai. Upayakan untuk mengundang pengguna lain yang menurut Anda berminat pada topik yang Anda ajukan.

Berikut adalah pedoman untuk memulai suatu ProyekWiki baru

  1. Cek apakah topik yang Anda minati sudah ada dalam daftar ProyekWiki. Jika sudah, atau ada proyek yang cukup mirip, berpartisipasilah dalam proyek tersebut.
  2. Jika belum ada, Anda dapat memulai proyek baru dengan membuat halaman utama untuk ProyekWiki tersebut. Gunakan judul Wikipedia:ProyekWiki namaproyek sebagai judul halaman. Gunakan [[Kategori:ProyekWiki|namaproyek]] untuk kategori halaman utama ini.
  3. Buat kerangka informasi untuk proyek tersebut. Jelaskan:
    1. Tujuan dan ruang lingkup proyek; upayakan untuk spesifik karena informasi ini akan digunakan calon partisipan untuk memutuskan apakah mereka akan terlibat atau tidak. Buka peluang untuk mengembangkan bagian ini jika ada usul dari pengguna lain.
    2. Bagaimana cara berpartisipasi dalam proyek; jelaskan apa yang Anda harapkan dari partisipan. Buat bagian "Partisipan" sebagai tempat untuk mendaftar dalam proyek. Buat juga bagian "Daftar pekerjaan" untuk menjabarkan daftar pekerjaan yang harus dilakukan sehingga pengguna lain mendapat gambaran yang cukup jelas.
    3. Peralatan dan sumber daya yang dapat digunakan; jelaskan templat dan kategori yang dapat digunakan, serta pranala luar yang dapat dijadikan sumber referensi.
  4. Undang pengguna lain yang kira-kira akan tertarik untuk berpartisipasi dalam proyek Anda.