Wikipedia:Penyangkalan umum

Sekang Wikipedia, Ensiklopedia Bebas sing nganggo Basa Banyumasan: dhialek Banyumas, Purbalingga, Tegal lan Purwokerto.

Cithakan:Penyangkalan Wikipedia

Wikipedia kuwe sawijining bauwarna (ensiklopedia) kolaboratif isi terbuka terhubung, yakuwe, kumpulan individu lan klompok sing kerja bareng kanggo mbangun pengetahuan manungsa. Struktur proyeke aweh ijin maring sapa baen sing duwe koneksi Internet kanggo ngowahi isine. Kudu disadari nek kabeh sing ana nang kene kuwe durung dipriksa nang wong-wong sing duwe keahlian sing diperlokna kanggo aweh maring Rika informasi sing lengkap, akurat, lan teyeng dipercaya.

Dudu jere Rika ora teyeng nemokna informasi sing apik lan lengkap nang Wikipedia kiye; Rika esih teyeng nemokna. Ningen, Wikipedia kuwe ora njamin validitas informasi sing ditemokna nang kene. Isi artikel endi baen bisa baen anu tembe diowaih, divandalisasi, utawa diowaih nang wong sejen sing opinine ndeyan ora pas karo artikel kuwe.

Ora ana penilaian sejawat formal[besut sumber]

Wikipedia saben-saben mesti ngupayakna nggo milih lan nidokna versi sing terpercaya sekang artikele. Komunitas aktif penyunting nang kene nggunakna pekakas kaya Owahan anyar lan Kaca anyar kanggo ngawasi tambahan lan owah-owahan isi. Tetapi, Wikipedia tidak mendapat ulasan sepadan secara merata; walaupun para pembaca dapat memperbaiki kesalahan atau terlibat dalam suatu proses penilaian sejawat (peer review), mereka tidak memiliki kewajiban hukum untuk melakukannya sehingga semua informasi yang disajikan di sini tidak disertai jaminan kelayakan untuk keperluan atau penggunaan apa pun. Bahkan artikel yang telah dinilai oleh proses penilaian sejawat non formal atau artikel pilihan mungkin nantinya akan disunting dengan tidak benar, tepat sebelum Anda membacanya.

Tidak ada seorang kontributor, sponsor, pengurus, atau siapa pun yang berhubungan dengan Wikipedia dengan cara apa pun dapat bertanggung jawab untuk munculnya informasi yang tak akurat atau untuk penggunaan Anda terhadap informasi yang terdapat atau terhubung dari halaman-halaman situs ini.

Tanpa kontrak; lisensi terbatas[besut sumber]

Harap yakinkan bahwa Anda mengerti bahwa informasi yang ada di sini disediakan secara secara bebas, dan tak ada perjanjian atau kontrak yang dibuat antara Anda dan para pemilik atau pengguna situs ini, pemilik server yang ditempati, individu kontributor Wikipedia, pengurus proyek, atau siapa pun yang dengan cara apa pun berhubungan dengan proyek ini atau proyek kerabatnya yang dapat dijadikan dasar untuk melakukan tuntutan secara langsung terhadap mereka. Anda diberikan suatu lisensi terbatas untuk menyalin apa pun dari situs ini; hal tersebut tidak menyebabkan suatu kewajiban kontraktual atau ekstra kontraktual bagi pihak Wikipedia atau agen, anggota, penyelenggara, atau pengguna lain.

Tidak ada perjanjian atau kesepahaman antara Anda dan Wikipedia mengenai penggunaan atau modifikasi informasi ini di bawah Lisensi Dokumentasi Bebas GNU (GNU Free Documentation License, GFDL); juga tidak ada seseorang di Wikipedia yang bertanggung jawab jika seseorang mengubah, menyunting, memodifikasi, atau membuang informasi apa pun yang mungkin Anda masukkan di Wikipedia atau proyek lain yang berhubungan.

Merek dagang[besut sumber]

Segala merek dagang, merek jasa, merek kolekif, hak desain, atau hak-hak lain yang disebutkan, digunakan, atau dikutip pada artikel-artikel ensiklopedia Wikipedia adalah milik pemilik yang berhubungan. Penggunaannya di sini tidak berarti bahwa Anda dapat menggunakannya untuk tujuan lain selain penggunaan yang sama atau mirip sebagai informasi seperti tujuan pengarang-pengarang original artikel-artikel Wikipedia tersebut sesuai dengan skema lisensi GDFL. Kecuali jika disebutkan, situs-situs Wikipedia dan Wikimedia tidak didukung atau berhubungan dengan salah satu pemegang hak tersebut, sehingga Wikipedia tidak dapat memberikan hak untuk menggunakan bahan-bahan yang dilindungi tersebut. Penggunaan hak milik pihak lain tersebut menjadi risiko Anda sendiri.

Yurisdiksi dan legalitas isi[besut sumber]

Publikasi informasi yang ditemukan di Wikipedia mungkin melanggar hukum negara atau yurisdiksi di wilayah tempat Anda membaca informasi ini. Basis data Wikipedia disimpan di peladen di negara bagian Florida di Amerika Serikat, dan berada dalam perlindungan hukum lokal dan federal setempat. Hukum di negara atau yurisdiksi Anda mungkin tidak melindungi atau mengizinkan pembicaraan atau distribusi yang serupa. Wikipedia tidak mendorong pelanggaran hukum apa pun; dan tidak dapat dikenai tanggung jawab untuk segala pelanggaran hukum tersebut, jika Anda menghubungkan ke ranah (domain) ini atau menggunakan, mereproduksi, atau menerbitkan ulang informasi yang tercantum di sini.

Bukan nasihat profesional[besut sumber]

Jika Anda mencari nasihat spesifik (contohnya medis, legal, keuangan, atau manajemen risiko) silakan cari seorang profesional yang berlisensi atau memiliki pengetahuan pada bidang tersebut.