Stanley Gouw

Sekang Wikipedia, Ensiklopedia Bebas sing nganggo Basa Banyumasan: dhialek Banyumas, Purbalingga, Tegal lan Purwokerto.

STANLEY GOUW

Lahir di Jakarta pada 11 Juni 1929 dari pasangan Robert Gandanegara dan Fien Iman. Lahir premature, 7 bulan dan oleh dokter ia dianjurkan untuk dilatih berolah raga. Sebagai hasilnya, pada umur 12 tahun Stanley sudah menjadi juara renang se-Jakarta untuk kelompok umurnya.

Pendidikan terakhirnya diambil di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, tidak diselesaikan. Menikah dengan Jeane Kwee, anak Kwee Thiam Tjing; mereka dikaruniai 3 putri, 2 putra dan 11 cucu.

Bermain bulutangkis di Badminton Club SV de Vogel dan kemudian di Chung Hwa Tsing Nien Hui (CHTNH). Disanalah pertemuan dengan Ferry Sonneville sebagai teman satu klas di HBS Jakarta dan seringkali berolahraga bersama – athletik dan bulu tangkis.

Sejak 1960-1970 ia mewakili pabrik farmasi Carlo Erba (Milano) untuk daerah Far East – stationed di Kuala Lumpur – di mana ia menjadi pelatih atletik Malaysia ke Olympiade Mexico (1968)

Pada 1970 – setelah pelatih Nasional PBSI – Irsan Arifin meninggal dunia, ia kembali ke Indonesia dan diserahi menjadi pelatih ganda putra, langkah pertama yang ia lakukan adalah memasangkan Christian Hadinata - Ade Chandra dan Tjun Tjun - Yohan Wahyudi. Kedua pasangan itu prestasinya sangat cemerlang di All England.

Stanley Gouw yang merekrut pelatih fisik Taher Djide (ex pelatih hockey Bandung) untuk mengambil alih tugasnya di PBSI.